6 Tips Mempromosikan Bisnis

Berbisnis tanpa melakukan promosi? It's mission impossible! Lha iya, gimana mau berbisnis yang sehat coba? Gimana mau laku? Gimana mau ada order? Gimana mau dapat downline? Kalau kita ngga mempromosikan bisnis kita. Apalagi yang namanya bisnis online. Promosi online adalah hal yang mutlak untuk dilakukan, ya kan?

Nah, sehubungan dengan hal tersebut di atas, ( alamaak! kayak surat menyurat resmi aja ya? hehehe ), aku mau bagiin tips bagus nih. Tips ini aku sarikan dari blognya wholesale-dress.net, tempatnya fashion Korea dan China terbesar dan termurah ( promosi dikiiit ;)

1. Buat review produk

Tulis review produk secara objektif di web atau blog. Misalnya nih, aku ingin memperkenalkan paket produk Optimals White-nya Oriflame yang juga aku pakai sendiri. Maka aku akan nulis manfaat dari rangkaian produk tersebut. Kandungan dan kelebihan - kelebihan sesuai dengan kenyataannya, ngga dilebihkan ngga dikurangi. Kenapa? Review yang berlebihan belum tentu bisa menarik orang, bahkan bisa aja sebaliknya.

Oya, ketika mereview suatu produk, aku juga ngga boleh lupa untuk menampilkan gambar produk tersebut, yang menarik, disertai link menuju web Oriflame, bukan link khusus untuk berjualan, karena sebagai consultan Oriflame, kita ngga dibenarkan untuk berjualan secara online. d'BCNers, Correct me if I am wrong :)

But.... semua disesuaikan kondisi dong yaa.... Untuk jenis bisnis lain yang membolehkan (baca: mengharuskan! ) berjualan online ya tentunya harus menuju ke link "toko" tersebut, biar kalo ada yang tertarik bisa langsung beli :) Kan itu tujuan kita berpromosi, ya? :)

2. Buat atau balas thread di forum

Suka ikutan forum? Bisa tuh dimanfaatkan untuk mempromosikan produk/ bisnis. Tapii, seperti ikan yang memiliki habitatnya sendiri, promosi tentu akan lebih efektif kalau ditampilkan di tempat yang tepat. Kalau mau jualan baju, ya posting threadnya di forum yang relevan. Ngga mungkin kan di forum tentang game, misalnya. Oya, jangan lupa juga untuk selalu menyisipkan link produk/ bisnis. Sehingga calon pembeli bisa langsung diarahkan ke tujuan.

3. Youtube it!

Siapa yang ngga tau youtube? Situs paling banyak dikunjungi ke tiga di dunia. Sejak didirikan Februari 2005 oleh Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim, Youtube memiliki 800 juta pengunjung setiap bulannya. Dan 4 milyar video yang diputar setiap harinya. Wow! Coba bayangkan aja berapa persentase pasar yang bisa diprospek? 

Trus, gimana caranya? Ya tentu aja upload video, doong :) Trus trus? Kayak tukang parkir aja ya? hehehe.. Jangan lupa masukin link ke deskripsi video, kayak contoh berikut:

(Silahkan buka Youtube di tab baru ya, untuk melihat di mana aku selipkan link blogku)


Sepanjang ingatanku, aku pernah juga melihat video yang memiliki link hidup langsung di videonya. Tapi jujur aku belum tau bagaimana caranya ^^. Atau paling ngga bisa dicoba deh dimasukkan alamat web atau blog dalam bentuk teks di awal maupun akhir video. Tapi alamatnya harus sesingkat mungkin, simpel, biar muda diingat. Kayak alamatku di www.lizanovia.com  ;)

4. Buat Album Foto di Facebook

Buat album foto berisi foto-foto menarik produk yang ingin dipromosiin. Jangan lupa insert link ya?

Pertanyaannya, perlu ngga sih memberi tag ke siapa saja? Kalo menurut aku sih, ngga usah semua. Cukup  orang - orang yang dikenal aja. Atau yang sering berinteraksi. Karena ngga semua orang kan senang ditag gambar dari orang yang ngga dikenalnya? Tapii, ada triknya lho soal tag men-tag ini. Tag-lah teman yang memiliki teman banyak. Baik teman dan temannya yang ditag sama - sama suka dengan belanja online. Atau memiliki ketertarikan dengan produk yang kita miliki

5. Link Status ke Messenger / Twitter

Yang suka chat dengan YM pasti sering dong update status di window-nya? Entah itu "Capek baru nyampe rumah", "Ngantuuuk" ataau "otw to Ragunan" wkwkwk. Kenapa ngga nyatus yang nge-link ke produk/bisnis aja? Kayak aku ni, saat posting ini Y! Statusku : Muda Gaya Kaya ;)

Hal yang sama berlaku juga untuk Twitter. Gimana gaya nyatus and twit yang menarik, aku yakin deh setiap orang punya kreatifitas sendiri. Yang jangan pernah dilupain cuma satu aja: link!

6. Selipkan link sebagai signature email dan forum

Masih berhubungan dengan poin nomor 2, kalau tadi sudah post thread di forum, sekarang tinggal melengkapinya dengan signature atau tanda tangan. Signature yang digunakan sebagai pengenal saat kita berinteraksi di forum umumnya itu nama ya, kan?  Nah, tinggal lengkapin aja deh dengan kepemilikan ataupun aktifitas kita di bla bla bla. Misal, signature-ku Lizanovia M. Hadi, Independent Consultan at Oriflame

Tapii, ada hal yang perlu diingat lho dalam membuat signature ini. Sebelum membuat link signature, pastikan dulu bahwa forum mengizinkan hal tersebut. Karena kalau ngga, bisa - bisa kita dikick dari forum. So, sebelum "berperang", kenali dulu medan-nya ;) Jangan udah join, konfirmasi email, bla bla bla dst dlsb, eh tau-tau, link not allowed. Cape deeeh *pyuuhh*

Oh iya, hampir lupa. Link signature bisa juga diterapkan di e-mail. Bisa tuh diatur settingannya di email masing - masing. Atau, ingin melihat signature e-mailku? Sok atuh kirim e-mail ke lilla_rosa@ymail.com  Ditunggu ya ? ^^

Oke, itu 6 Tips Mempromosikan Bisnis dariku. Aku yakin masih banyak lagi sebenarnya . Bakalan ketemu deh kalo googling :) Cuma ya itu, intinya cuma satu: LINK! Are you ready? Let's do it!  ;)

PS. Mau bisnis online yang bisa dikerjakan dari rumah dan bisa diwariskan? Klik di sini

6 komentar:

  1. http://stiforpbizz.com/?reg=angel87

    -- Misi & Visi STIFORP INDONESIA --
    Misi : Memberikan pelatihan khusus kepada siapapun yang mau belajar untuk menjadi wirausahawan online yang handal dan mandiri.
    Visi : Menciptakan Jutawan - Jutawan baru dari RUMAH di seluruh negeri indonesia.

    BalasHapus
  2. Aku member baru oriflame lo kak :-)
    Seneng deh baca review dari kakak :)
    Bagi* cara sukses dong kak he he he ..
    Abisnya downline aku kyak ga aktiv gtu sih ◦(˘_˘")◦‎​

    Oya mkasih ya kak (^⌣^)

    BalasHapus